Friday 10 June 2016

MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH



BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat terutama dibidang teknologi salah satunya adalah komputer. Komputer sebagai sarana penyimpanan informasi diharapkan dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat. Di dalam komputer banyak program yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyimpanan informasi salah satunya adalah multimedia. Multimedia dapat berupa informasi pendidikan seperti media pembelajaran untuk anak usia dini hingga tingkat tinggi,
Media pembelajaran sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan proses penyampaian. Media pembelajaran sendiri menjadi bagian yang sangat penting dari proses belajar, oleh karena itu, perlu dicari suatu media pembelajaran yang bagus bagi siswa, salah satunya media pembelajaran menggunakan adobe flash yang mempunyai beberapa unsur seperti video, suara, gambar dan aktivitas, sehingga lebih menarik perhatian siswa sehingga merasa senang saat belajar dibandingkan dengan hanya menggunakan buku teks saja.
Dalam dunia pendidikan seringkali kita mendengar tentang sekolah luar biasa ( SLB ), dimana para siswanya mempunyai kekurangan seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan perilaku, maupun anak dengan gangguan  kesehatan, tidak seperti siswa normal lainnya dalam belajar, mereka butuh perlu bentuk pelayanan khusus yang disesuaikan dengan potensi dan kemampuan mereka, sistem belajar anak berkebutuhan khusus memiliki perbedaan dengan anak normal lainnya, contohnya anak tunarungu yang berkomunikasi dengan bahasa isyarat,
Tidak sedikit juga dari para orangtua yang lebih memilih untuk mengajarkan anak mereka di rumah karena beberapa alasan tertentu , namun keterbatasan pengetahuan para orangtua dalam mengajarkan anak mereka menjadi kesulitan tersendiri. 
Berkaitan dengan masalah di atas peneliti ingin membuat media pembelajaran yang menarik untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang dapat di gunakan para orangtua untuk mengajarkan anak-anak mereka dengan membuat “MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN ADOBE FLASH”

1.2 Ruang Lingkup

Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka penulis membatasi masalah yang dibahas agar tidak menyimpang :
a. Aplikasi media pembelajaran ini diperuntukan untuk penderita tunarungu.
b. Media pembelajaran hanya berupa bahasa isyarat untuk anak tunarungu.
c. Bahasa isyarat akan berupa animasi agar lebih menarik.
d. Bahasa isyarat berupa gerakan tangan dan setiap gerakan untuk satu Alfabet.

1.3 Tujuan Penelitian
           
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan adalah Bagaimana membuat media belajar agar orangtua bisa lebih mudah dalam mengajari anak mereka dan anak mereka dapat memahaminya dengan mudah.

1.4 Metode Penelitian

Penelitian ini akan melakukan studi pustaka, dengan mencari dari seluruh literatur yang berkaitan dengan Adobe Flash CS4  baik melalui buku, internet, maupun sumber lainnya.

1.5 Sistematika Penelitian

Penulisan ilmiah ini disusun dengan rapi dan sesuai tata cara penulisan yang baik dangan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULUAN

Berisi tentang Latar Belakang, Ruang Lingkup, Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Serta Sistematika Penelitian

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

Berisi tentang penelitian dan teori-teori yang mendukung dalam pembuatan sistem.

BAB III :  PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Menunjukkan hasil pengujian dari program yang telah dibuat dan kemudian menganalisanya.

BAB IV : PENUTUP

Berisi tentang kesimpulan dan saran yang telah diperoleh dari hasil perancangan.

No comments:

Post a Comment