Saturday 2 April 2016

Butuh Kode Etik Untuk Selesaikan Konflik Laut China Selatan

Profesor dalam bidang Kajian Strategis dan Studi Maritim Cina di US Naval War College dan officer dari Kedubes AS, Peter Dutton, menganggap CoC (Code of Conduct/Kode Etik) merupakan cara yang sangat efektif untuk mengurangi ketegangan di  Laut China Selatan (LCS).

"CoC menurut saya adalah langkah yang efektif untuk mengurangi ketegangan. Memang hal itu tidak bisa secara langsung menyelesaikan konflik di kawasan tersebut namun bisa mengurangi ketegangan yang ada dan merupakan salah satu aspek yang penting untuk mengatasi masalah persengketaan di LCS," kata Dutton dalam telekonferensi yang dilakukan dari Boston ke Indonesia, Rabu, 30 Maret 2016.

Code of Conduct in the South China Sea (CoC) akan berfungsi sebagai sebuah mekanisme operasional pencegahan konflik dan bertujuan untuk mengatur tata perilaku negara secara efektif. LCS merupakan wilayah strategis yang berbatasan dengan Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan China. Di beberapa bagian terjadi tumpang tindih yurisdiksi antara claimant states (Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan China) yang menjadikan potensi konflik di wilayah ini cukup tinggi.

Banyak, kata Dutton, tantangan yang harus dihadapi di kawasan LCS, dan CoC memiliki tugas besar untuk mengurangi ketegangan yang ada. Kendati demikan, Dutton juga mengakui bahwa CoC dengan upaya penyelesaian konflik lainnya pasti memiliki konsekuensi masing-masing jika diterapkan.
"Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik dan salah satunya CoC. Namun apa konsekuensinya nanti jika CoC pun gagal? Negara di ASEAN harus berdiskusi mengenai cara terbaik untuk mendapatkan win-win solution," ucap dia.

Komentar : Dalam Bernegara Tentu Kita punya kode etik apalagi dalam hubungan internasional dengan negara lain, pentingnya setiap negara menaati peraturaan yang dimiliki negara lain, misalnya dalam urusan perbatasan maupun konflik lainnya

Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/754242-butuh-kode-etik-untuk-selesaikan-konflik-laut-china-selatan

No comments:

Post a Comment