Sunday 17 April 2016

Pesawat Antariksa Jepang Temukan Awan Aneh di Venus

Pesawat antariksa Jepang, Akatsuki, belum lama ini memamerkan hasil ilmiah setelah kembali dari orbti Venus. Di antara datanya, ilmuwan menemukan awan asam dan obyek dengan bentuk aneh seperti busur panah di atmosfer Venus.

Menurut pemberitaan Daily Mail, Jumat (15/4/2016), gambar yang dibawa pulang olek Akatuski menunjukkan bahwa formasi awan Venus ternyata lebih rumit dibanding perkiraan sebelumnya. Sebagaimana ditulis dalam jurnal Nature, formasi awan tersebut diwakili dengan adanya data dari lapisan awan asam sulfur Venus yang berhasil diambil dari jarak 100 ribu km.

"Kami masih akan mencapai resolusi ruang yang lebih baik. Kami berjanji akan memberikan serangkaian data fantastis bagi komunitas riset selama bertahun-tahun," terang Takehiko Satoh, peneliti utama kamera inframerah mikrometer Akatsuki, IR2.

Ilmuwan meyakini bahwa formasi awan bergerak memutari permukaan Venus, bukannya memutari di lapisan atmosfernya. Namun belum jelas yang menyebabkan hal ini terjadi sehingga masih diklasifikasikan sebagai misteri.

Pada Desember 2015, badan antariksa Jepang (JAXA) mengonfirmasi bahwa Akatsuki memasuki orbit Venus. Pesawat yang sempat gagal meluncur pada Mei 2010 itu, membawa lima kamera dengan instrumen radio untuk mempelajari atmosfer Venus. Pesawat mampu bermanuver dalam periode sembilan hari dan menjauh pada jarak 310 ribu kilometer. Ia akan melakukan pengamatan lebih lanjut di Venus.

No comments:

Post a Comment